Sebagaimana yang telah di mafhumi bersama, ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Urutan kesembilan dari kalender Hijriah dan dinanti oleh umatnya di seluruh dunia sebagai waktu puasa, waktu yang dinanti dan didamba karena sebagai sarana doa serta refleksi keyakinan.

           Sebagai salah satu dari Rukun Islam, ramadhan merupakan ibadah dasar dengan hukum wajib untuk semua umat Islam. Kewajiban ini sudah terultimatum dengan gamblang di dalam Al-Quran, surah Al-Baqarah ayat 183:

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ‏

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

           Dengan maksud sebagai sarana dalam meningkatkan ketakwaan orang beriman, Allah ﷻ menjadikan puasa sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya pun juga mengendalikan hawa nafsu sehingga dapat memperkuat iman dan spiritualitas. Adapun maksud selain itu, ayat diatas menyiratkan bahwa puasa bukan sekadar menahan lapar dan haus, tetapi harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan untuk mendapatkan ridha Allah ﷻ.

           Bukan hanya tentang menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga sebagai media waktu untuk refleksi diri baik dari segi spiritual maupun kebiasaan dalam menahan hawa nafsu. Selama menjalankan ibadah puasa, umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan lain seperti membaca Alquran, bersedekah, dan melakukan perbuatan baik selama bulan ini dengan ganjaran pahala yang berlipat-ganda. Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperkuat iman seseorang dan menjadi lebih dekat dengan Allah ﷻ.

           Terakhir, penting untuk diingat bahwa Ramadhan bukan hanya tentang bulan itu sendiri, tetapi juga tentang kebiasaan dan amalan-amalan yang dibiasakan terutama selama bulan ini. Umat Islam selalu didorong untuk meneruskan kebiasaan perbuatan baik dan kebiasaan-kebiasaan lain selama Ramadan sepanjang tahun. Semuanya, termasuk amalan-amalan baik seperti bersedekah, membaca Al-Qur’an, dan melakukan perbuatan baik. Ramadhan waktunya meningkatkan iman dan taqwa serta mendekatkan diri kepada Allah ﷻ, juga waktunya menjadi individu yang lebih baik.

Wallahu a’lam bishowab

Leave a Comment