Yogyakarta, 18 Maret 2023 – Pesantren Hidayatulah Jogja menyelenggarakan kegiatan rutin bakti sosial dengan tema “Bakti Sosial: Bersih-bersih Masjid Sekitaran Pesantren”. Agenda kali ini diikuti oleh seluruh pengasuh dan santri MTs-MA Hidayatullah Yogyakarta dengan jumlah lebih dari 300 orang. Agenda rutin ini diadakan dalam rangka menampakkan suka-cita sebagai umat muslim dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

           Kegiatan bakti sosial bersih-bersih masjid ini jua diselenggarakan sebagai wujud kepedulian MTs-MA Hidayatullah Yogyakarta dengan lingkungan sekitar. Terutama dalam menjaga kebersihan masjid yang berada dalam wilayah terdekat pesantren dan lingkungan sekitarnya. Shalahuddin Al-Ayyubi S.H,, Sekretaris Pelaksana, mengatakan bahwa “Agenda ini diharapkan membawa dampak terjaganya rasa kepedulian terhadap kebersihan. Semoga kegiatan terasa manfaat sebagai media perkuat tali silaturahmi antara pesantren dengan masyarakat sekitar.”

           Dalam kegiatan bakti sosial kali ini, MTs-MA Hidayatullah Yogyakarta membersihkan sebanyak sebelas masjid yang ada di sekitar pesantren. Masjid-masjid yang dibersihkan diantaranya adalah Masjid Nur Salam di Wonolelo dan Masjid Wali Songo di Kayunan. Selain dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, kegiatan bakti sosial ini pun dilaksanakan berdasarkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan terutama masjid, agar terjaga khusyu’ dalam menjalani puasa Ramadhan.

           Dengan semangat dan ceria yang tak lepas karena rasa ikhlas, kegiatan bersih-bersih masjid diikuti para santri dan pengasuh berlangsung dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka membersihkan masjid dengan menyeluruh, termasuk tempat wudhu, toilet, serta lingkungan sekitar masjid.

           Dan alhamdulillah, kegiatan bakti sosial ini berhasil terlaksana dengan baik dengan harapan bahwa kegiatan serupa dapat terus berlanjut sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat sekitar pesantren.

           Terakhir, kegiatan Bakti Sosial Bersih-bersih Masjid Sekitaran Pesantren MTs-MA Hidayatullah ini bukan hanya tentang memberi, tetapi juga tentang bersama belajar untuk berbagi. Semoga tindakan kecil ini dapat terus-menerus direalisasikan agar membawa manfaat besar bagi masyarakat sekitar dan memberikan contoh bagi kita semua untuk selalu peduli terhadap sesama.

Leave a Comment