MTs-MA Hidayatullah Yogyakarta dengan penuh semangat menyelenggarakan Workshop Meaningfull Teaching Learning. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen untuk memperkaya kecakapan dalam menerapkan metode ajar bagi para asatidz. Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, ustadz atau guru yang profesional harus senantiasa meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam strategi dan metode pembelajaran.

           Kegiatan ini telah berlangsung pada tanggal 5-6 Juli 2023, dimulai pukul 07.30 hingga 15.00. Di bawah arahan yang bijaksana dari penanggung jawab kegiatan, WaKa SDM Ustadz Ahmad Sudrajat Budiman, S.T.P., para asatidz bersemangat untuk terlibat dalam proses pembelajaran yang bermakna dan membangun.

           Ustadz Aries Setyawan, seorang konsultan pendidikan islam di EDUVISA consulting Sidoardjo, sebagai narasumber dalam workshop ini menjabarkan banyak sekali metode-metode ajar yang menyenangkan dan disertai penerapannya. Salah satu materi penting yang akan dibahas adalah refleksi pembelajaran. Ustadz Aries Setyawan berbagi pemikiran inspiratif, “Kita tidak hanya belajar dari pengalaman, tetapi juga belajar melalui refleksi atas pengalaman tersebut.”

Profesional dalam Profesinalisme

           Workshop Meaningfull Teaching Learning merupakan kesempatan bagi para para asatidz untuk meningkatkan profesionalisme mereka. Tujuan utama kegiatan ini adalah memperkaya wawasan dan keterampilan dalam menciptakan lingkungan belajar yang bermakna dan memberdayakan siswa. Dengan adanya workshop ini, diharapkan guru-guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang kreatif, menginspirasi, dan relevan dengan kebutuhan siswa.

           Ustadz Ilyas Nadhif, seorang pendidik yang berpengalaman di MTs-MA Hidayatullah Yogyakarta, menyampaikan harapannya, “Kami berharap ada lebih banyak pelatihan dan workshop yang diadakan di masa depan. Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran di Madrasah.”

           Workshop Meaningfull Teaching Learning juga menjadi momen penting bagi para asatidz untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan tantangan dalam mengajar. Dalam suasana yang penuh semangat dan kolaboratif, mereka dapat memperoleh inspirasi baru, memperluas jaringan profesional, dan membangun komunitas pembelajaran yang solid.

           Peserta workshop ini terdiri dari 26 para asatidz yang antusias dan bersemangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan kehadiran mereka, Workshop Meaningfull Teaching Learning akan menjadi arena bagi pertukaran ide dan strategi yang inovatif. Para peserta akan belajar bersama, saling mendukung, dan mendorong satu sama lain untuk mencapai keunggulan dalam bidang pendidikan.

           Kegiatan ini adalah langkah nyata dalam mewujudkan pendidikan yang bermakna dan memberi dampak positif bagi para siswa. Dengan penuh kebanggaan, Madrasah menyambut Workshop Meaningfull Teaching Learning sebagai langkah penting menuju masa depan pendidikan yang gemilang.

           Semoga Workshop Meaningfull Teaching Learning menjadi titik awal perubahan yang signifikan dalam pendidikan Madrasah. Melalui upaya bersama dan semangat kolaboratif, para para asatidz dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif, inovatif, dan membawa dampak positif dalam kehidupan para santri. Aamiin.

Leave a Comment