Tasmi' Al Qur'an Jama'iy
  • Posted: 09/02/2016
  • By: Administrator
  • Comments: 2

Tasmi' Al Qur'an Jama'iy

Lantunan ayat-ayat Al-Quran terdengar merdu. Sang qori’ membacakan ayat-ayat Al-Qur’an yang telah dipersiapkan sebelumnya, sedangkan para pendengar menyimak dangan mushaf Qur’an di tangan masing-masing.

Kini pada setiap Sabtu pagi, mulai pukul 06.00 hingga 09.00 dilaksanakan kegiatan Tasmi’ Al-Qur’an Jama’i di masjid Markazul Islam Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta. Metode yang digunakan yaitu, para qori’ yang terdiri dari beberapa orang santri secara bergantian membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan dihadapan para santri yang menyimak sambil membawa Qur’an masing masing.

Kegiatan ini rutin dilakukan untuk mengulang-ulang hafalan. “Acara ini berujuan untuk me-muroja’ah hafalan santri, mengumpulkan santri bersama, supaya waktu yang ada tidak terbuang percuma”,  papar koordinator acara, akh Thohirin. Tak dipungkiri bahwa setiap Jum’at dan Sabtu pondok menetapkan libur KBM. Ketimbang terlewati sia-sia, pihak kepengasuhan pun mengambil inisiatif untuk mengadakan acara Tasmi’ Al-Qur’an Jama’i. Mengapa jama’i, karena acara ini diikuti oleh saluruh santri.

Meskipun sebagian santri terkantuk-kantuk, tetapi acara ini tetap khidmad dan berjalan lancar. Menurut salah seorang qori’, acara ini memberikan kesempatan kepadanya me-murojaah hafalan di antara jadwal harian yang dirasa sangat padat. Begitu juga yang dipaparkan oleh beberapa penyimak, selain me-murojaah hafalan, turut juga membantu mengoreksi bacaan dan hafalan yang berkelanjutan.

Ketika qori’ membacakan ayat terakhir. Acarapun ditutup dengan beberapa himbauan dari koordinator acara mengenai hal-hal yang harus diperhatikan pada acara kedepannya. “Harapannya acara ini dapat menjaga hafalan santri, menciptakan suasana kondusif di pondok pesantren, dan yang terpenting adalah acara ini digunakan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala”, tegas akh Thohirin. Siap mas! (Muhammad Anwar Khoir)


Bagikan Halaman ini