Rangkaian Kegiatan Idul Adha 1437 H
  • Posted: 24/09/2016
  • By: Administrator
  • Comments: 2

Rangkaian Kegiatan Idul Adha 1437 H

Momen Idul Adha tahun ini terasa berbeda di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta. Panitia Idul Adha Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta bekerjasama dengan Gerakan Pandu Hidayatullah Yogyakarta menggelar acara pasca Idul Adha selama tiga hari berturut-turut (11-13 Dzulhijjah). Selain menyemarakkan suasana Idul Adha, kegiatan ini juga bertujuan menambah pengalaman dan wawasan baru bagi santri Hidayatullah Yogyakarta.

Acara pertama tepat sehari setelah Idul Adha,yaitu seminar jurnalistik Islam dengan tema "Urgensi Jihad Bil Qolam". Bertempat di Masjid Markazul Islam PP Hidayatullah Yogyakarta,seminar ini menghadirkan dua narasumber utama dari Hidayatullah Media yakni Ustadz Pambudi Utomo (redaktur pelaksana Suara Hidayatullah) dan Ustadz Cholis Akbar (redaktur pelaksana hidayatullah.com). Keduanya berbincang tentang kondisi umat muslim masa kini yang dikangkangi oleh barat,termasuk media massanya.Para santri menyimak dengan khidmat tiap materi yang disampaikan oleh narasumber.

Di hari berikutnya diadakan seminar kesehatan bertemakan "Thibbun Nabawi: Solusi Kesehatan Masa Kini" yang diisi oleh narasumber pakarThibbun Nabawi, dr. Muhammad Thayyib asal Malang. Beliau bicara seputar pola hidup sehat cara Rasul dan berbagai keutamaannya di depan seluruh santri Hidayatullah Yogyakarta.

Acara terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan adalah Musabaqah Tahfidzul Qur’an (MTQ). Musabaqah ini terbagi menjadi tiga kategori; 3 juz,5 juz ,dan 10 juz. Selaku dewan juri adalah ustadz Muhammad Al Rosyid Ridho, Lc. dan ustadz Nurrohman. Kegiatan ini memakan durasi paling lama, yakni dari pagi hari hingga menjelang maghrib. Suasana tegang dirasakan oleh para peserta tatkala menjawab dari dewan juri. Acara berakhir meriah dengan diumumkannya para pemenang dari masing-masing kategori sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan yang sudah terlaksana dengan sukses selama tiga hari. [Al Fatih Magz]


Bagikan Halaman ini