Latihan Beladiri Thifan Po Khan
  • Posted: 01/02/2016
  • By: Administrator
  • Comments: 2

Latihan Beladiri Thifan Po Khan

Balong – Ilmu beladiri termasuk salah satu cabang ilmu yang penting bagi seseorang. Karena, dengan ilmu tersebut dia mampu membela diri dan orang lain ketika terancam bahaya. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasannya seorang Muslim yang kuat lebih disukai Allah daripada Muslim yang lemah. Karena alasan itulah, maka kebanyakan pondok pesantren mengajarkan ilmu beladiri kepada para santrinya, termasuk Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta. Di sini, para santri MTs & MA Hidayatullah Yogyakarta mendapatkan pelatihan beladiri Thifan Po Khan, sebuah seni beladiri yang dikenal mengandung nilai-nilai dan ajaran Islam.

Lazimnya, latihan beladiri diawali dengan senam Thifan untuk meregangkan otot. Bagi yang baru mulai berlatih, senam ini akan mengakibatkan pegal-pegal di berbagai bagian tubuh. Namun, rasa pegal itu tidak akan terasa jika sudah terbiasa berlatih. Setelah senam selesai, pelajaran tentang jurus-jurus Thifan pun mulai diberikan secara bertahap. Jurus-jurus Thifan sangat mudah dipelajari dan digunakan, tetapi terbukti efektif untuk mengalahkan lawan.

Sebulan sekali diadakan sabung atau pertarungan satu lawan satu di antara para santri. Mereka bertarung menggunakan jurus-jurus Thifan yang telah diajarkan. Untuk keamanan, santri mengenakan pelindung tubuh sehingga sabung tersebut tidak mengakibatkan cedera serius. Selanjutnya, pada tiap akhir semester juga diadakan ujian Thifan . Pada ujian tersebut, setiap santri akan diuji sejauh mana penguasaannya atas jurus-jurus Thifan, dilanjutkan dengan sabung satu lawan satu. Semoga dengan latihan beladiri Thifan ini, terbentuklah karakter yang kokoh dan tubuh yang kuat sebagaimana harapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Rahmatullah Hidayat)

 

 


Bagikan Halaman ini