WORKSHOP ON BASIC TV NEWS PRODUCTION
  • Posted: 25/08/2016
  • By: Administrator
  • Comments: 2

WORKSHOP ON BASIC TV NEWS PRODUCTION

ASEAN YOUTH CHILDREN NEWS (AYCN) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas  Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menggelar “Workshop on Basic TV News Production” yang berlangsung selama dua hari, 19 – 20 Agustus 2016. Dari 30 peserta workshop, 4 orang di antaranya adalah santri MTs dan MA Hidayatullah Yogyakarta.

Pada hari pertama, acara dibuka oleh Miss Weera Suwannachot atau Miss Nada dari Thailand sebagai Asisten Direktur AYCN yang berkantor pusat di Thailand. Ada sejumlah materi yang disampaikan oleh tiga pembicara berbeda pada workshop tersebut, yang seluruhnya adalah dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta. Yang pertama adalah Ibu Kurnia yang menjelaskan seputar “berita” dengan rinci; kemudian Ibu Senja Yustisia yang menerangkan materi “How to be a Reporter”; dan yang terakhir adalah Mas Panji yang menjelaskan seluk beluk fotografi dan berbagai hal teknis dalam proses syuting berita.

Di akhir hari pertama workshop, para peserta diajak terjun langsung ke lapangan guna meliput berbagai kejadian yang dapat dijadikan berita secara profesional. Lima kelompok yang dibagi secara acak berpencar untuk meliput berbagai hal. Ada yang mewawancarai juru parkir, takmir masjid, penjual bubur kacang hijau, owner rumah makan, hingga tukang tambal ban.

Di hari kedua, ditampilkan hasil video berita karya peserta yang sudah melewati proses editing. Di akhir acara, dipilih 3 video terbaik pada kategori The Best Idea, The Best Picture, dan The Best News. Penghargaan bagi tiga kelompok pemenang diserahkan langsung oleh Miss Nada. [M. Ariq al Ghifari]

 


Bagikan Halaman ini