Prestasi UAMBN & UN MA Hidayatullah
  • Posted: 16/05/2016
  • By: Administrator
  • Comments: 2

Prestasi UAMBN & UN MA Hidayatullah

Alhamdulillahirabbil ‘aalamiin..rangkaian agenda ujian akhir untuk kelas XII sudah selesai dilaksanakan. Hasilnya pun sudah diketahui; bahkan kelulusan di berbagai sekolah sudah dirayakan dengan berbagai cara.

Demikian pula dengan MA Hidayatullah Yogyakarta. Sudah lebih sebulan berlalu, hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) 2015/2016 diumumkan. Sebagaimana tahun sebelumnya, alhamdulillah santri kelas XII MA Hidayatullah Yogyakarta berhasil meraih peringkat pertama nilai rata-rata UAMBN terbaik se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara itu, hasil Ujian Nasional (UN) SMA/MA yang diumumkan awal Mei lalu menempatkan MA Hidayatullah Yogyakarta di peringkat ke-2 nilai rata-rata UN terbaik se-DIY dan peringkat ke-1 di antara Madrasah Aliyah se-Kabupaten Sleman. Dari hasil tersebut, seluruh santri kelas XII MA Hidayatullah Yogyakarta dinyatakan lulus ujian akademik.

Menanggapi hasil UAMBN dan UN tingkat Madrasah Aliyah tersebut, Kepala Madrasah Aliyah Hidayatullah Yogyakarta – Ustadz Syarif Daryono, S.Pd.I. – di hadapan para santri menyatakan rasa syukur dan apresiasinya kepada para santri dan para ustadz yang telah berusaha sebaik-baiknya untuk mendapatkan hasil tersebut.

Meskipun bagi masyarakat umum UAMBN dan UN merupakan salah satu tujuan utama dan tolok ukur keberhasilan, namun sejatinya tidaklah demikian. “Namun, pembentukan karakter dan keimanan di dalam hati merupakan tujuan utama pendidikan. Meskipun tolok ukur keberhasilan dalam persoalan ini tidak dapat dikuantifikasi dan baru tampak dalam perilaku keseharian,” tandas Ustadz Syarif menegaskan.

Di akhir pidatonya, Ustadz Syarif mengharapkan agar prestasi dalam UAMBN dan UN tersebut dapat ditingkatkan – atau paling tidak dipertahankan – di tahun-tahun yang akan datang. Semoga demikian adanya. [Djt]


Bagikan Halaman ini