ORIENTASI ORANGTUA SANTRI BARU
  • Posted: 22/07/2016
  • By: Administrator
  • Comments: 2

ORIENTASI ORANGTUA SANTRI BARU

Salah satu mata acara dalam agenda check in santri baru adalah Orientasi Orangtua/Wali Santri Baru. Acara yang dilaksanakan pada hari Ahad 17 Juli 2016 tersebut dimaksudkan untuk menyamakan persepsi antara pesantren (MTs dan MA Hidayatullah) dengan orangtua dan wali santri baru terkait dengan visi dan misi pesantren, kurikulum, serta berbagai persoalan teknis pengelolaan madrasah dan santri. Dengan persepsi yang sama, pesantren berharap agar proses pendidikan bisa berjalan dengan lancar dan mampu menghasilkan lulusan sebagaimana yang diharapkan.

Acara orientasi dimulai pukul 13.00, tak lama setelah istirahat sholat dhuhur dan makan siang. Pada kesempatan tersebut, hadir Mudir Pesantren Hidayatullah – Ustadz Muhammad Syakir Syafi’i – didampingi oleh Kepala Madrasah, Kepala Bagian Kurikulum, serta Penanggung Jawab Program Tahfizh. Orangtua dan wali santri baru hadir memenuhi ruangan yang disediakan. Bahkan panitia harus menyiapkan beberapa kursi tambahan untuk beberapa orangtua/wali santri baru yang datang belakangan.

Pada sesi pertama, Ustadz Syakir menjelaskan visi dan misi pesantren; dilanjutkan dengan penjelasan berbagai kebijakan dan peraturan madrasah/pesantren oleh Kepala Madrasah, Ustadz Daryono Syarif, S.Pd.I. Berikutnya adalah penjelasan seputar struktur kurikulum dan berbagai program pengembangan diri yang disampaikan oleh Kepala Bagian Kurikulum, Ustadz Abu Umair, S.Pd.I. Pada bagian akhir, disampaikan berbagai hal yang terkait dengan program tahfizh yang merupakan salah satu program unggulan MTs dan MA Hidayatullah, oleh Penanggung Jawab Program Tahfizh, Ustadz Muhammad Al Rosyid Ridlo, Lc.

Setelah sesi sosialisasi selesai, acara Orientasi Orangtua/Wali Santri Baru dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Banyak pertanyaan dan masukan dilontarkan oleh para orangtua santri pada sesi ini, kebanyakan masih terkait dengan kebijakan dan peraturan madrasah. Salah satu masukan penting dari orangtua santri baru yang dilontarkan dalam sesi tersebut adalah agar yayasan dan pesantren senantiasa kompak dan berjalan seiring sejalan, karena kekompakan kedua institusi tersebut merupakan salah satu kunci keberhasilan pesantren dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Tak terasa waktu terus berjalan, hingga terdengar adzan ‘ashar berkumandang. Acara orientasi orangtua/wali santri baru itu pun harus diakhiri sesaat setelah adzan selesai dikumandangkan. [Djt]

Peserta Orientasi Orangtua dan Wali Santri Baru 2016/2017 memenuhi ruangan


Bagikan Halaman ini