Tadi malam, tepatnya pukul 22.00 menjelang tidur santri diumumkan untuk persiapan membawa pakaian pandu lapangan, jubah putih dan peci putih karena akan shalat di masjid Pakem.

Pagi ini pukul 02.30 seluruh santri dari kelas VII sampai kelas Xl dikumpulkan di lapangan depan kantor pengasuh untuk persiapan.

Suasana subuh pagi ini sangat sejuk sekali sampai menusuk, tetapi semangat para santri yang didampingi para pengasuh untuk berjalan ke lokasi ini tidak melemah begitu saja. .
Walau jarak tempuh dari pondok ke lokasi 4,7 km biidznillah mereka sampai di lokasi sebelum subuh. Perkiraan awal sepertinya dengan jarak, orang sebegitu banyaknya dan melihat anak kelas VII yang masih terlihat kecil-kecil sepertinya bakalan masbuk, ternyata Alhamdulillah bisa tepat waktu.

Setelah rangkaian shalat subuh dan tausiyah di masjid tentunya kita kembali ke ma’had lagi. Tetapi sebelum kembali sudah barang tentu kita tidak bisa meninggalkan masjid yang kita singgahi begitu saja, para santri dipimpin oleh pengurus pandu bersih-bersih lingkungan dan masjid terlebih dahulu.

Rangkaian bersih-bersih lingkungan selesai kembali dengan jalan kaki lagi dan senam di lapangan.

Alhamdulillah rutinitas ke masjid-masjid sekitar pondok ini sudah diagendakan setiap 1 bulan sekali dengan masjid-masjid yang berbeda tentunya, semoga dengan hadirnya kami para santri bisa turut menghangatkan suasana ibadah subuh di masjid sekitar pondok.

Tim Humas

Leave a reply